Tim Dosen Beri Pelatihan Clinical Instructor

Stikesbethesda.ac.id-  Tim dosen STIKES Bethesda dipimpin langsung oleh Ketua Niken WN Palupi S.Kp. M.Kes., memberikan pelatihan clinical instructor—pembimbing klinik– kepada sejumlah perawat di Rumah Sakit Panti Rahayu Purwodadi.  Pelatihan yang dilaksanakan tanggal 20-24 Februari 2017 ini, terselenggara atas kerjasama antara RS Panti Rahayu dengan STIKES Bethesda.  Pelatihan ini diikuti 28 perawat dari RS  Panti Rahayu ditambah dua perawat dari RS Enggal Waras dan RS Islam Purwodadi.

Pelatihan clinical instructor merupakan upaya untuk meningkatkan peran dan fungsi  pembimbing klinik mencapai tingkat kompetensi yang diinginkan. Sebagai muaranya  pelatihan ini bertujuan agar clinical instructor  mampu membimbing mahasiswa praktik menguasai standart kompetensi yang diharapkan.

Pembimbing klinik sudah seharusnya diberi wewenang dan tanggung jawab yang jelas dalam merancang, mengelola dan mengevaluasi pembelajaran klinik terhadap mahasiswa di tatanan klinik. Clinical instructor memiliki tanggung jawab merancang tugas belajar dalam kompleksitas  setting klinik.  Selain itu dituntut pula untuk menerapkan strategi belajar yang memungkinkan mahasiswa mempraktikkan pola pemikiran sebagai praktikan. Namun dalam praktik di lapangan, terkadang muncul persoalan mengemuka mengenai peran dan fungsi clinical instructor. Persoalan itu muncul antara lain karena clinical instructor kurang percaya diri atau kurang memahami kejelasan tanggung jawab yang diberikan institusi pendidikan.  Karenannya pelatihan clinical instructor dinilai merupakan langkah strategisi untuk mendorong pembimbing klinik mampu melaksanakan tugas dan fungsinya.

“Pelatihan clinical instructor merupakan gagasan kerjasama yang sangat bagus dari RS Panti Rahayu dengan STIKES Bethesda.  Pelatihan ini memberi kesempatan kepada peserta mendapat acuan yang jelas mengenai tugas, wewenang, dan tanggung jawab pembimbing klinik.  Kami seluruh tim dosen berharap dengan adanya pelatihan semacam ini, clinical instructor memiliki kompetensi melaksanakan tugas sebagaimana porsi tanggung jawabnya,” jelas Kepala Unit Pelatihan STIKES Bethesda, I Wayan Sudarta, S. Kep, Ns, M. Kep.

Dalam pelatihan yang secara pro aktif  melibatkan seluruh peserta tersebut, mengupas berbagai materi menyangkut tugas dan tanggung jawab pembimbing klinik.  Materi tersebut diantaranya meliputi dinamika kelompok dan pre test,  konsep lahan praktik, konsep pembimbing klinik,   persiapan dan model klinik keperawatan, metode pembelajaran praktik klinik, peran dan tugas clinical instructor di tatanan klinik,  persiapan mahasiswa dalam laporan, laporan praktik klinik, evaluasi bimbingan klinik, persiapan bimbingan praktik, simulasi bimbingan praktik, pemerikaaan fisik, dan praktik bimbingan di bangsal dan post test. (bas)

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2016 Stikes Bethesda Yakkum Yogyakarta