Dosen STIKES Bethesda Beri Pelatihan P3K Kepada Mahasiswa Atma Jaya

Stikesbethesda.ac.id–Pengabdian  perguruan tinggi terhadap masyarakat bisa diejawantahkan dalam beberapa bentuk atau model. Salah satu contoh bisa melalui  penelitian di bidang keilmuan yang menjadi kajian masing-masing profesi.  Pengabdian lainnya bisa dilakukan dengan cara mentransfer ilmu dan skill profesi kepada masyarakat yang membutuhkan.  Kata masyarakat di sini tentu harus diterjemahkan dalam arti yang luas. Bukan hanya masyarakat awam dengan tingkat pendidikan rendah.  Pengabdian dengan cara mentransfer ilmu dan kompetensi profesi, bisa juga diberikan kepada mereka yang sesungguhnya memiliki tingkat pendidikan tinggi.

Contoh, seperti pengabdian yang baru saja dilakukan STIKES Bethesda melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Pada tanggal 29 Juli 2017, beberapa dosen dan mahasiswa STIKES Bethesda tampak sibuk memberi pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K). Pelatihan  dilaksanakan di ruang Jean Watson STIKES Bethesda dan  ditujukan kepada 43 mahasiswa  Universitas Atma Jaya Yogyakarta.  Peserta yang terlibat dalam pelatihan tersebut merupakan mahasiswa yang akan bertugas menjadi panitia inisasi  Universitas Atma Jaya.

Dalam pelatihan itu ada empat pokok materi yang diberikan kepada peserta.  Materi  pertama pertolongan pada penderita alergi, kedinginan, muntah dan pingsan.  Materi kedua pertolongan pada penderita luka. Materi ketiga  pertolongan terhadap penurunan kesadaran dan obstruksi jalan nafas. Materi terakhir pertolongan terhadap penderita keseleo dan patah tulang.  Selain dibekali teori, seluruh peserta juga dibekali skill dalam melakukan tindakan.  Didampingi dosen dan beberapa mahasiswa STIKES Bethesda selaku fasilitator, seluruh peserta terlihat semangat menjalani simulasi praktik.  Menggunakan alat-alat medis yang disediakan, peserta dituntun menjalankan tindakan P3K sesuai standart operating procedure (SOP). Bagi sebagian peserta, pelatihan  yang mereka dapatkan merupakan sebuah pengalaman baru.  Hal ini bisa dimengerti karena sebelumnya mereka tidak memiliki basic di bidang keperawatan.  Namun anstusias peserta menjalani pelatihan patut mendapat apresiasi.  Respon yang diberikan peserta selama mengikuti pelatihan, jelas menandai bahwa sebagai kaum intelektual mereka menyadari betul pentingnya menguasai tindakan P3K.

Menurut Ketua LPPM STIKES Bethesda, Isnanto, S. Kep., Ns., MAN,  pelatihan P3K ini merupakan salah satu wujud pengabdian STIKES Bethesda untuk menularkan ilmu dan skill profesi kepada pihak yang membutuhkan. Dalam beberapa tahun terakhir STIKES Bethesda memang mendapat kepercayaan untuk  memberi pelatihan P3K kepada panitia inisiasi  Universitas Atma Jaya. Untuk tahun ini, kegiatan serupa sudah dilakukan dua kali. “Kami sangat respek terhadap kepercayaan yang diberikan Atma Jaya kepada STIKES Bethesda. Dari kami, tentu misi yang kami bawa bukan sekedar mewujudkan sebuah formula kerjasama.  Yang lebih penting adalah menjadikan pelatihan ini bisa diserap, dipahami, dan dikuasai peserta.  Kami juga sangat respek kepada seluruh peserta yang ternyata sangat antusias dan semangat dalam mengikuti pelatihan,” jelas Isnanto.

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2016 Stikes Bethesda Yakkum Yogyakarta