STIKES Bethesda Gelar Reuni Akbar

Stikesbethesda.ac.id–  Reuni akbar STIKES Bethesda pada tanggal 5 Agustus 2017 di kampus STIKES Bethesda dihadiri alumni lintas angkatan mulai dari tahun 1996-2016.  Reuni  yang dikemas dalam berbagai segmen acara tersebut,  diikuti juga seluruh staf, dosen dan Ketua STIKES Bethesda Niken WN Palupi, S. Kp. M. Kes.  Acara ini mendapat apresiasi dari Ketua Prodi S3 Fakultas  Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, Prof. Dra. Elly Nrachmah. M. App. Sc. DNSc yang turut hadir sebagai keynote speaker dalam segmen seminar nasional.

Ada tiga topik yang diusung sebagai jargon dari penyelenggaraan reuni akbar.  Topik pertama seminar nasional mengenai penelitian dan publikasi bagi pengembangan profesi  perawat.  Dua topik lainnya tentang tracer study dan enterpreneurship day.

Dalam acara tersebut Elly Nrachmah hadir sebagai tokoh pembicara pada segmen seminar “Penelitian dan Publikasi bagi Pengembangan Profesi Perawat”. Dari sisi intelektual, kehadiran Elly Nrachmah tentu memberi nilai benefit tersendiri bagi peserta reuni. Selama satu setengah jam Elly Nrachmah mengupas pokok materi di depan keluarga besar almamater STIKES Bethesda.

Materi yang dibawakan Elly Nrachmah kemudian dirangkai dengan seminar “Review Metodologi Penelitian” dengan pembicara  Ruthy Ngapiyem, S. Kp. M. Kes dan “Publikasi Ilmiah Nasional dan Internasional” dengan pembicara Ch. Yeni Kustanti, S. Kep., Ns., M. Pall.C.

Sebagaimana salah satu topik yang menjadi jargon penyelenggaraan reuni, acara disisipi pula sosialisasi mengenai tracer study online.  Program tracer study online merupakan gagasan STIKES Bethesda untuk menjaring data karir  setiap alumni.   Penelusuran karir dinilai perlu karena memiliki andil dalam pengembangan institusi kampus dan profesi ilmu keperawatan.  Dari penelusuran karir ini salah satunya bisa diperoleh data tentang tingkat kompetensi alumni di dunia kerja.  Untuk pengembangan institusi kampus, data base karir alumni  juga sangat diperlukan karena menjadi indikator penting dalam penilaian akreditasi. “Tracer study bukan sekedar untuk mengetahui status karir alumni.  Ada sesuatu yang lebih bernilai  yang ingin kami dapatkan dari tracer study.  Kami berharap semua alumni tetap care terhadap perkembangan ilmu keperawatan dan bisa memberikan input untuk STIKES Bethesda,” jelas Wakil Ketua III, Priyani Haryanti, S. Kep., Ns., M. Kep.

Meski dibumbui  beberapa kegiatan berbobot dan cukup menyita konsentrasi, namun reuni tetap berlangsung santai dan meriah.  Peserta reuni yang memenuhi  ruang Jean Watson, tampak menikmati jalannya acara demi acara.  Setiap jeda acara,  peserta reuni saling meluangkan waktu terlibat dalam komunikasi  sebagai ajang nostalgia.  Hiburan berupa lantunan lagu yang disajikan putra-putri STIKES Bethesda, menambah  santai nuansa pertemuan alumni lintas angkatan.

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2016 Stikes Bethesda Yakkum Yogyakarta