Warga Tungu Dapat Bantuan Air Bersih Dari STIKES Bethesda

Stikesbethesda.ac.id–Krisis air bersih akibat kemarau yang melanda  sebagian wilayah Gunungkidul, kembali mendapat empati dari STIKES Bethesda YAKKUM.  Sabtu (9/9/2017) Tim dosen dan mahasiswa STIKES  Bethesda,  menyambangi  warga Pedukuhan Tungu,  salah satu wilayah di Desa Girimulyo, Kecamatan Panggang  yang  dilanda  kekeringan  cukup parah.  Kunjungan ini merupakan aksi sosial  sebagai wujud dari jiwa keterpanggilan STIKES Bethesda, untuk turut meringankan penderitaan warga Tungu.  Bantuan dua tangki air bersih diberikan kepada warga Tungu oleh tim STIKES Bethesda yang dipimpin Indrayanti, S. Kep. Ns., M. Kep. Sp. Kem,  dan Erik Adik Putra, S. Kep., MSN.

Bantuan ini  bukan yang pertama kali diberikan  STIKES Bethesda kepada warga Gunungkidul yang tengah mengalami krisis air bersih.  Sebelumnya, tepatnya bulan  Agustus lalu STIKES Bethesda juga melakukan aksi sosial serupa untuk warga di Desa Giri Cahyo, Kecamatan Purwosari.   Aksi sosial ini merupakan salah satu respon STIKES Bethesda untuk turut memperhatikan masalah sosial yang mengemuka  di masyarakat.

Tingkat kekeringan yang terjadi di Pedukuhan Tungu, tergambar  jelas  lewat aura alam permukaan.  Sepanjang perjalanan memasuki wilayah Desa Girimulyo, tim STIKES Bethesda  disuguhi pemandangan  yang cukup memilukan.  Sejauh mata memandang pepohonan tak menampakkan kehijauannya.  Tanah kering kerontang.  Lahan pertanian di kanan kiri jalan dibiarkan tak bertuan.  Tak ada lagi kegiatan cocok tanam yang sesungguhnya merupakan mata pencaharian mayoritas warga Tungu.  Jangankan berpikir bercocok tanam, guna  menyambung hidup saja  warga Tungu harus rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk membeli air bersih.  Alam  tak lagi menyediakan sumber air bersih seiring datangnya kemarau panjang.  Air  hujan selama ini menjadi penopang utama  kebutuhan warga untuk mendapatkan air bersih.  KinI untuk meringankan beban,  warga Tungu pun kerap berharap datangnya bantuan air bersih dari berbagai pihak.

Tak mengherankan apabila bantuan air bersih STIKES Bethesda  mendapat sambutan antusias oleh warga Tungu.  Puluhan warga Tungu didampingi Ibrahim Prasetyo, selaku penggerak Karang Taruna Linggar Manik Desa Giri Mulyo,  sedari pagi setia menunggu kedatangan tim STIKES Bethesda. Dengan wajah sumringah warga menyambut ramah kedatangan tim STIKES Bethesda di Kantor Desa Girimulyo. Mewakili warga, pada kesempatan tersebut Ibrahim menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada tim STIKES Bethesda.  Ia mengatakan warga  merasa sangat terbantu dan berterima kasih  STIKES Bethesda  telah memperhatikan kesulitan warga Tungu.  Hari itu juga bantuan air bersih STIKES Bethesda langsung disuplai ke penampungan untuk  didistribusikan kepada warga.

Ditemui terpisah, Ketua LPPM STIKES Bethesda, Isnanto, S. Kep., Ns., MAN,  mengatakan aksi sosial ini merupakan buah dari rasa kepedulian STIKES Bethesda untuk turut membantu meringankan beban warga Tungu.  Bantuan air bersih  yang diberikan memang tidak seberapa. Mungkin hanya cukup untuk menopang kebutuhan warga selama beberapa hari ke depan.  Namun yang perlu dimengerti, dari aksi sosial ini ada rasa peduli dan kemauan STIKES Bethesda untuk ikut membantu.  “Mungkin kami tidak bisa memberi bantuan lebih besar. Tapi pada intinya, STIKES Bethesda merasa turut prihatin atas kekeringan  yang dialami warga Tungu.  Dari aksi sosial ini kami berharap semua pihak bisa memetik nilai positifnya.,” jelas Isnanto.

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2016 Stikes Bethesda Yakkum Yogyakarta