Stikesbethesda.ac.id— Unit-unit di bawah YAKKUM–Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum – bekerjasama menyediakan hotline layanan publik untuk mencegah penyebaran COVID-19 khususnya di wilayah DIY. Hotline layanan pubik “Bethesda YAKKUM Care Center” yang dirintis oleh unit rumah sakit, pendidikan dan ekstramural ini, telah dilaunching pada Selasa 2 Februari 2021 di Aula Gedung Baru STIKES Bethesda. Launching ini dihadiri baik secara daring maupun luring oleh Direktur dan perwakilan manajemen dari masing-masing unit di bawah YAKKUM. Hadir pula secara daring Ketua YAKKUM Pdt. Simon Julianto, , S.Th., M.Si.
Bethesda YAKKUM Care Center disediakan sebagai bentuk respon atau tanggung jawab moral YAKKUM untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi pandemik COVID-19. Jumlah penyintas COVID-19 di DIY yang terus meningkat, menggugah YAKKUM untuk melakukan upaya lebih jauh dengan tujuan menekan penyebaran COVID -19.
Hotline Bethesda YAKKUM Care Center menyediakan beberapa fasilitas layanan yang bisa diakses masyarakat. Layanan yang bisa didapatkan diantaranya konsultasi Isolasi mandiri, perawatan COVID-19, pelatihan tim Satgas COVID-19 tingkat RT dan konseling klien bagi yang memerlukan. Untuk mendapatkan beberapa layanan tersebut masyarakat hanya tinggal melakukan registrasi melalui link https//linktr.ee/bethesdayakkumcare. Masyarakat juga bisa menghubungi Call Center 087856847090 untuk mendapatkan informasi tentang Bethesda YAKKUM Care Center atau berbagai informasi tentang COVID-19.
Menurut Direktur YAKKUM Emergecy Unit, dr Sari Mutia Timur, M. Nur, hotline Bethesda YAKKUM Care Center merupakan layanan yang memadukan promosi, edukasi, layanan kuratif dan rehabilitatif. Peningkatan penyintas COVID-19 yang belum menunjukkan perbaikan, bahkan cenderung meningkat tajam menjadi salah satu alasan YAKKUM mendirikan Bethesda YAKKUM Care Center.
“Bagi masyarakat fenomena ini semakin menimbulkan beban. Tidak saja tentang masalah kesehatan, tapi juga berdampak pada masalah ekonomi, kesehatan jiwa dan sosial. YAKKUM sebagai lembaga kesehatan secara langsung juga terdampak karena meningkatnya jumlah pasien yang harus dirawat dan berobat. Namun di sini YAKKUM tetap berkomitmen mendukung pemerintah dalam upaya pemberantasan COVID-19,” jelas Sari Mutia Timur.
Sementara itu Direktur RS Bethesda YAKKUM, dr. Purwoadi Sujatno, Sp.PD, MPH, menegaskan bahwa layanan ini merupakan wujud komitmen RS Bethesda bersama unit YAKKUM lainnya untuk bersama pemerintah memberantas COVID-19. Pandemik COVID-19 menjadi tanggung jawab bersama. Dibutuhkan kolaborasi dari semua elemen hingga tingkat terkecil yakni RT/Rukun Tetangga. Dengan tersedianya hotline Bethesda YAKKUM Care Center, diharapkan penanganan COVID-19 bisa menjangkau masyarakat luas.
“RS Bethesda sangat bersyukur berkesempatan berpartisipasi menangani COVID-19. Dengan memanfaatkan teknologi melalui hotline layanan publik ini, harapannya bisa menjangkau masyarakat luas yang membutuhkan pelayanan. Kami mohon dukungannya agar pelayanan ini bisa bermanfaat bagi kita semua,” terang Purwoadi Sujatno. (bas)