Sejarah

STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta merupakan konversi dari AKPER Bethesda Yogyakarta dengan SK No. 43/D/O/2009 tertanggal 7 April 2009. Konversi  menjadi STIKES ini melalui berbagai perubahan dan perkembangan  baik pendidikan keperawatan maupun kebidanan.

Pendidikan Keperawatan Bethesda dimulai beberapa tahun setelah Rumah  Sakit Bethesda didirikan yaitu pada tanggal 20 Mei 1889. Pengelolaan manajerialnya menjadi satu dengan Rumah Sakit Bethesda, pendidikan diberi nama Sekolah Djuru Rawat, yang didirikan atas ide seorang dokter yaitu dr. Scheurer yang merasa berat mengemban pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Bethesda pada saat itu.

Pada tahun 1906 Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta bernama Zendingziekenhuis Petronella yang oleh masyarakat lebih dikenal dengan nama Rumah Sakit “Toeloeng” atau “Dokter Toeloeng”. Saat itu di bawah kepimpinan dr. Pruys, Sekolah Djuru Rawat semakin ditingkatkan dan mulailah dicetak buku-buku Keperawatan dalam bahasa Jawa sebagai sumber referensi dan sekaligus dikembangkan Sekolah Bidan yang pola pendidikannya  langsung dari lulusan Sekolah Rakyat tanpa melalui jenjang  Pendidikan Perawat lebih dahulu.

Pada tahun 1949 di bawah kepemimpinan Dr. LGJ. Samallo, secara resmi rumah sakit  berubah nama menjadi Rumah Sakit “Bethesda”. Sekolah Perawat  di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta semakin berkembang, sehingga pada tahun 1972 dalam Struktur Organisasi  Rumah Sakit Bethesda mulai dicantumkan adanya Direktur Pendidikan dan Perawatan yang merupakan bagian dari Direkturium Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta.

Perkembangan Sekolah Perawat di Rumah Sakit Bethesda adalah: pertama-tama bernama Sekolah Djuru Kesehatan (DK), kemudian berubah menjadi Sekolah Penjenang Kesehatan (PKC/PKE), perkembangan berikutnya menjadi Sekolah Pengatur Rawat dan Sekolah Bidan. Sekolah tersebut mendidik Perawat yang berasal dari lulusan SMP dan SLTA, dan mendidik  Bidan yang berasal dari  lulusan Sekolah Pengatur Rawat, sehingga  lulusannya disebut Perawat Bidan.

Pada tahun 1980  Sekolah Pengatur Rawat dan Sekolah Bidan dikonversi menjadi Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) yang bersifat Community Oriented,  untuk Pendidikan Bidan masih terus diselenggarakan sampai dengan tahun 1996.

Perkembangan selanjutnya ada kebijakan Pemerintah khususnya Depkes, yang menekankan tidak diperbolehkannya Institusi Pendidikan Kesehatan  mengelola 2 (dua) macam Pendidikan Tinggi sekaligus, maka Rumah Sakit Bethesda saat itu memilih untuk berkonsentrasi di Pendidikan Keperawatan, sesuai SK Menkes R.I. No. HK.00.06.1.1.349.A. tertanggal 5 Februari 1996, SPK Bethesda dikonversi menjadi Akademi Perawatan Bethesda yang disingkat AKPER Bethesda Yogyakarta. Status kepemilikan Institusi Pendidikan  harus secara langsung berada di bawah naungan Yayasan.  Oleh sebab itu secara yuridis formal AKPER Bethesda Yogyakarta tidak lagi bernaung di bawah Rumah Sakit Bethesda tetapi menginduk langsung ke Yayasan kristen Untuk Kesehatan Umum (YAKKUM).

Pada tahun 1999 AKPER Bethesda Yogyakarta diakreditasi Pusdiknakes dengan Strata Akreditasi B, akreditasi yang kedua pada tahun 2002 dengan hasil yang didapatkan adalah  Strata A sesuai dengan SK dari  Depkes. RI Nomer: HK.00.06.2.2.3001 tanggal 16 Agustus 2002. Selanjutnya pada tahun 2005 nama Akademi Perawatan Bethesda diubah menjadi Akademi Keperawatan Bethesda dengan SK No 035/S.Kep/Perub.Nama.Akper Beth/AkB/XII/2005.

Berdasarkan UU Pendidikan tahun 2003 maka AKPER Bethesda Yogyakarta mengalami alih binaan yang semula dibawah Depkes, selanjutnya dibawah pembinaan Depdiknas dengan SK No 20/D/O/2006 dengan segala konsekuensinya yaitu di akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Akreditasi dilaksanakan pada tahun 2008 dengan Strata B berdasarkan SK BAN PT No. 003/BAN-PT/Ak-IX/Dpl-III/IV/2010.

Memperhatikan perkembangan pendidikan kesehatan yang semakin pesat, maka AKPER Bethesda Yogyakarta terpanggil untuk berperan serta terlibat dalam mendidik dan membentuk Sarjana-Sarjana Keperawatan yang handal, oleh sebab itu berdasarkan SK No 43/D/O/2009, Akper Bethesda Yoggyakarta berkembangan menjadi STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta yang mempunyai  Prodi D-3 Keperawatan dan prodi S-1 Ilmu Keperawatan Program reguler dan Program Transfer.

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2016 Stikes Bethesda Yakkum Yogyakarta