Stikesbethesda.ac.id—Seluruh karyawan tenaga pendidikan (tendik) dan tenaga penunjang STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta mengikuti pelatihan service excellence training yang diselenggarakan pada 29 September 2023 di Hotel Abadi Malioboro. Pelatihan dalam satu hari ini dibuka oleh Ketua STIKES Bethesda, Ns. Nurlia Ikaningtyas M. Kep. Sp. Kep. MB, Ph. D. dengan menghadirkan Praktise HR and ASEAN Trainer, Theresia Syntia Riani sebagai keynote speaker.
Service excellence traning merupakan satu kegiatan yang digagas divisi PSDM STIKES Bethesda dengan tujuan agar peserta mampu menjadi karyawan yang berkompeten dan handal sesuai dengan standar atau nilai-nilai yang melekat di institusi tempat bekerja. Pelatihan ini juga berorientasi meningkatkan motivasi dan wawasan kepada peserta dalam berkomitmen terhadap performa pelayanan.
Dalam pelatihan ini peserta mendapat pembelajaran menjadi personal yang mampu berinteraksi dengan baik untuk memberikan pelayanan memuaskan terkait fungsi dan tugas pekerjaannya. Tugas maupun fungsi tendik dan tenaga penunjang menjadi bagian pentimg untuk mendukung keberhasilan institusi pendidikan mewujudkan capaian yang diinginkan Theresia Syntia mengajak peserta untuk menempatkan orang lain yang membutuhkan pelayanan dari tugas mereka sebagai customer atau konsumen. Karena itu peserta service excellence training harus bisa menjadikan customer tersebut senantiasa tertarik dan merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan. Dengan interaksi yang baik dan pelayanan yang baik kepada customer, tentu akan memberikan implikasi positif terhadap out put yang dihasilkan baik itu untuk karyawan maupun institusi.
Nurlia Ikaningtyas menuturkan bahwa pelatihan ini merupakan upaya untuk menginternalisasi sikap seluruh karyawan dalam memberikan pelayanan yang baik menyangkut tugas pekerjaannya. Bukan hanya kepada kalangan internal institusi, tetapi pelayanan yang baik juga harus ditunjukkan kepada pihak luar yang membutuhkan atau berkepentingan dengan tugas dan pekerjaan setiap karyawan. “Pelatihan ini salah satunya untuk memupuk sinergi antar karyawan di STIKES Berhesda. Tujuan penting lainnya adalah untuk menginternalisasi sikap dalam memberikan pelayanan yang baik kepada pihak luar. Harapannya masyarakat atau pihak luar yang membutuhkan atau berkepentingan dengan STIKES Bethesda merasa puas dan merasa dihargai dengan pelayanan yang kami berikan,” jelas Nurlia Ikanintyas. (bas)