S1 Keperawatan dan Ners STIKES Bethesda Terakreditasi B

S1 Keperawatan dan Ners STIKES Bethesda Terakreditasi B

Stikesbethesda.ac.id–Program studi  (Prodi)  SI Keperawatan dan Ners  STIKES Bethesda  berhasil menaikkan gradenya pada strata mutu yang lebih tinggi. Hasil asesmen Lembaga  Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) pada tanggal 24-25 Oktober 2016 di STIKES Bethesda Yakkum, menyatakan kedua prodi tersebut telah memenuhi standar kualifikasi untuk  menyandang  akreditasi B.  Pencapaian ini menjadikan semua prodi di STIKES Bethesda telah menyandang predikat akreditasi B.
14876466_10210630697713155_3413046531782721690_o

Asesmen  yang dilaksanakan LAM-PTKes melibatkan tiga assesor,  Dr. Muhammad Hadi, SKM., M.Kep., dari Universitas Muhammadiyah (Ketua), Teuku Tahlil, S. Kp. M.S., Ph.D dari Universitas Syiah Kuala (anggota) dan  Rina Nur Hidayati, S. Kep. Ns, M. Kep, Sp. Kom, dari STIKES Bina Sehat PPNI Mojokerto (anggota).  Dari  asesmen ini diperoleh fakta rinci tentang sistem kinerja maupun profile menyeluruh dari kedua prodi.  Data dan fakta hasil asesmen ini menjadi parameter bagi LAM-PTKes untuk menentukan skala mutu prodi SI Keperawatan dan Ners STIKES Bethesda.  Hasil penilaian yang dikeluarkan LAM-PTKes pada tanggal 30 Oktober 2016,  menyatakan kedua prodi tersebut telah terakreditasi B.

Nilai akreditasi ini menempatkan prodi  S1 Keperawatan dan Ners berada di strata  yang lebih tinggi dari sebelumnya. Peningkatkan mutu berdasarkan nilai akreditasi menjadi lompatan signifikan bagi STIKES Bethesda dalam upayanya meningkatkan penetrasi di dunia pendidikan.  Dengan predikat akreditasi B  akan memberi akses lebih besar untuk menyampaikan  informasi yang lebih akurat mengenai kualitas pendidikan.  Implikasi lebih lanjut  eksistensi  STIKES Bethesda sebagai lembaga pendidikan akan semakin mendapat pengakuan dan kepercayaan dari masyarakat.

Dikatakan Ketua STIKES Bethesda  Niken WN Palupi, S.Kp, M.Kes., peningkatan great  akreditasi juga memberi peluang untuk mengembangkan  jejaring dan kerja sama baik dengan pemerintah, swasta, dan  masyarakat.  “Image  atau  standar kualifikasi yang lebih baik, memberi banyak implikasi positif  terhadap prodi dan institusi.  Eksistensi  prodi SI Keperawatan dan Ners sudah pasti  akan lebih diakui. Ini menjadi peluang bagi STIKES Bethesda untuk meningkatkan kerjasama dengan semua pihak.  Keberadaan STIKES Bethesda akan selalu membutuhkan dukungan moral baik dari pemerintah, swasta dan masyarakat,” jelas Niken.

Implikasi positif yang lebih signifikan, bakal  dirasakan pula oleh calon mahasiswa dan mahasiswa STIKES Bethesda.  Dengan status akreditasi B,  prodi S1 Keperawatan  dan Ners  memberi peluang lebih besar bagi mahasiswanya untuk mendapatkan pekerjaan. Lulusan STIKES Bethesda  akan memiliki nilai jual lebih tinggi di dunia pekerjaan. Tidak sedikit perusahaan  yang mensyaratkan calon pegawainya harus dari perguruan tinggi dengan akreditasi program studi minimal B.  Bahkan hal serupa juga berlaku untuk calon PNS.  Meskipun tidak semua daerah, namun beberapa unit kerja pemerintah di daerah tertentu ada yang mensyaratkan calon PNS  harus lulusan perguruan tinggi dengan akreditasi program studi minimal B.  (bas)

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2016 Stikes Bethesda Yakkum Yogyakarta